Apa Itu Operasi LASIK? Ini Definisi dan Manfaatnya

operasi lasik

Saat ini kita sering mendengar tentang LASIK. Apa itu operasi LASIK dan apa saja manfaatnya?

Apa itu Operasi LASIK

LASIK adalah singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis. Yakni sebuah prosedur bedah refraktif atau operasi laser untuk memperbaiki kelainan refraksi sehingga terbebas dari kacamata atau lensa kontak.

Cara kerja operasi LASIK adalah dengan membentuk kembali kornea sehingga bias cahaya jatuh tepat pada retina. Pembentukan kornea ini dilakukan dengan laser. Karenanya, LASIK juga sering disebut sebagai operasi laser mata.

Sebenarnya, LASIK merupakan salah satu metode dalam Laser Vision Correction (LVC) atau koreksi penglihatan dengan operasi laser. Selain LASIK, ada PRK (Photorefractive Keratectomy) yang merupakan generasi LVC sebelumnya. Juga ada Relex SMILE (Refractive Lenticule Extraction – Small Incision Lenticule Extraction) yang lebih mutakhir dan merupakan generasi ketiga. Namun, sebagian besar masyarakat menyebut ketiga metode LVC tersebut dengan istilah LASIK.

Baca juga: Mata Panda

Metode Operasi LASIK

LASIK sebenarnya merupakan salah satu metode dalam Laser Vision Correction (LVC). Ada tiga metode LVC yang saat ini berkembang di dunia kedokteran.

Lasek (PRK)

PRK (Photorefractive Keratectomy) memiliki istilah lain yaitu Lasek. Sebuah prosedur bedah refraktif dengan ablasi (melepas epitel kornea) lalu membentuk kornea dengan laser.

Metode ini merupakan generasi pertama LVC sejak tahun 1987. Hingga saat ini masih digunakan khususnya untuk pasien dengan minus tinggi hingga -16 dioptri.

Femto LASIK

Femto LASIK (Laser Assisted In-Situ Keratomielusis) merupakan prosedur bedah refraktif yang membentuk flap dengan mesin femtosecond laser, membukanya, kemudian membentuk kornea dengan mesin excimer laser.  

Metode ini merupakan generasi kedua LVC. Proses pemulihan Femto LASIK berlangsung cepat dan pasca operasi juga lebih nyaman daripada PRK. Selain itu, efek terjadinya mata kering pasca operasi juga lebih ringan.

Relex SMILE

Relex SMILE (Refractive Lenticule Extraction – Small Incision Lenticule Extraction) adalah prosedur bedah refraktif yang lebih canggih dari PRK dan LASIK, hampir  tidak terasa sakit, dan pemulihannya jauh lebih cepat.

Relex SMILE merupakan generasi ketiga LVC. Prosedurnya hanya membutuhkan sedikit sayatan (2-4mm), tanpa flap, sehingga rasa sakitnya hampir tidak terasa. Proses pemulihan (recovery) sangat cepat. Efek mata kering juga jauh lebih minim.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantong Mata

10 Manfaat LASIK

Operasi LASIK merupakan prosedur untuk mengoreksi kelainan refraksi sehingga terbebas dari kacamata atau lensa kontak.

Jadi, manfaat operasi LASIK adalah sebagai berikut:

  1. Menyembuhkan miopia (rabun jauh) secara permanen. Berbeda dengan kacamata dan lensa kontak yang hanya mengoreksi sementara saat dipakai saja.
  2. Menyembuhkan hipermetropi (rabun dekat). Ini juga secara permanen. Namun, bukan menyembuhkan presbiopi (mata tua).
  3. Menyembuhkan astigmatisme (mata silinder). Sama juga dengan penyembuhan kelainan refraksi sebelumnya, ini sifatnya permanen.
  4. Dengan teratasinya kelainan refraksi (miopia, hipermetropi, astigmatisme), terbebas pula dari kacamata dan lensa kontak
  5. Meningkatkan kepercayaan diri karena penampilan lebih menarik tanpa kacamata
  6. Memudahkan masuk profesi tertentu seperti polisi, TNI, pilot, dan lain-lain
  7. Menunjang hobi olahraga seperti renang dan tinju
  8. Mengurangi alergi akibat penggunakan lensa kontak
  9. Memudahkan olah raga dan hobi yang memerlukan ketajaman penglihatan
  10. Menghemat biaya dalam jangka panjang, hingga mencapai Rp 702 juta sepanjang usia produktif.

Nah, demikian penjelasan mengenaik LASIK dan 10 manfaat operasi tersebut. Tertarik untuk LASIK? [SehatOnline.id]