Mata Panda? Begini Cara Mudah Menghilangkannya

mata panda

Mata panda itu remeh-remeh susah. Apa sebab? Pada umumnya ia bukan penyakit berbahaya. Cukup perawatan mandiri untuk menyembuhkannya. Cuman, ia mengganggu penampilan. Ini yang bikin wanita galau dan kurang pede. Ngaku aja, deh 😀

Apa Itu Mata Panda?

Secara sederhana, mata panda itu bengkak atau sembap di sekitar mata. Istilah lainnya: kantong mata.

Lengkapnya, lingkaran hitam yang muncul di bawah mata akibat kerutan atau kendurnya kulit. Ia bisa muncul seiring bertambahnya usia. Sebabnya, penuaan yang menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata. Kelopak mata pun tampak lebih kendur.

Nah, harusnya kan biasa aja ya ngadepin begini. Emang faktor U. Tapi ya itu tadi, bagi wanita, ini bisa sangat berbeda. Penampilan dan kecantikan adalah hal utama, bahkan kalau perlu bayar mahal pun rela.

Selain itu, penyebab lainnya adalah kelelahan atau kurang tidur. Menangis terlalu lama atau dehidrasi juga bisa menjadi faktor penyebabnya.

Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda

Dikutip dari artikel Cara Menghilangkan Mata Panda di situs resmi NLC, ada enam cara menghilangkan mata panda.

1. Perbaiki pola tidur

Selain faktor U, umumnya sembab dan bengkak di sekitar mata ini muncul karena kurang tidur atau kelelahan. Untuk menghilangkannya, perbaiki pola tidur. Upayakan tidur sekitar 7 jam setiap malam.

Posisi tidur dengan kepala sedikit terangkat juga bisa membantu menghilangkan kantong mata. Dengan menambah bantal sehingga kepala lebih tinggi dari biasanya terbukti bisa mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur.

2. Kompres dingin

Mengompres mata cukup ampuh untuk mengurangi bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Cara praktisnya, rendam lap bersih ke dalam air dingin lalu kompres mata selama 10–15 menit.

3. Minum 2 liter per hari

Upayakan minum minimal 2 liter air per hari. Cairan tubuh yang cukup dapat mencegah terbentuknya kantong mata. Selain itu, kurangi makanan mengandung banyak garam yang bisa menyebabkan dehidrasi dan memicu kantong mata.

Baca juga: Operasi Lasik

4. Hindari minuman beralkohol dan berkafein

Secara umum, minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh. Secara khusus kaitannya dengan mata panda, minuman beralkohol menyebabkan dehidrasi ringan dan mengganggu kualitas tidur.

5. Pakai tabir surya

Hindari terlalu lama terpapar matahari. Jika pekerjaan mengharuskan terkena matahari secara langsung, gunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30.

Baca juga: Buah untuk Kesehatan Mata

6. Pakai krim khusus mata

Pakailah krim mata yang mengandung chamomile, mentimun, atau arnica untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Tentu sesuai dengan resep dokter. Dan tentu saja, cara menghilangkan mata panda yang keenam ini tidak gratis seperti lima cara sebelumnya. [SehatOnline]